Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

Bantu Warga Atasi Banjir, Al Irsyad Salurkan Bantuan Pos Mesin Pompa Air

Selasa, 10 Agustus 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 639 Kali

Bencana Banjir yang melanda Kabupaten Karawang pada 20 Februari lalu masih meninggalkan fakta menarik. Warga terdampak banjir, khususnya warga di permukiman Anjun masih membutuhkan bantuan kala musim hujan tiba. Pasalnya, dari pengakuan warga, rumah-rumah mereka dengan mudahnya tergenang banjir saat intensitas curah hujan tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah sistem drainase yang kurang berjalan dengan baik. Saluran air warga, khususnya di lingkungan warga RW 12 tidak bisa menampung dan menyaring debit air yang tinggi. Tak salah jika kecemasan selalu menghantui warga RW 12 saat musim penghujan tiba. Jalanan tergenang dan seketika air banjir menembus rumah-rumah warga. Dampak terhadap aspek fisik/bangunan dan aspek psikis warga korban banjit pun tidak dapat terelakkan. 

Situasi ini akankah terus dibiarkan begitu saja? Menjawab permasalah tersebut, PC Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang melalui Lajnah Pendidikan dan Pengajaran menyalurkan bantuan untuk mengatasi masalah banjir bagi warga sekitar permukiman sekolah, yakni dengan mendirikan pos dan membangun sistem mesin pompa air yang solutif.

Program ini menjadi salah satu wujud kepedulian Keluarga Besar Al Irsyad untuk berkontribusi bagi lingkungan warga sekolah selain dalam hal pendidikan. Melalui program CSR (corporate social responsibility), Al Irsyad secara konsisten membantu warga ataupun masyarakat Karawang yang terdampak bencana. “Alhamdulillah, tepat sepekan lalu, kami sudah menyalurkan bantuan kepada RW 12  yang menjadi salah satu korban terdampak banjir berupa bantuan pendirian pos pompa air, sistem drainase dengan mesin pompa yang dapat menyaring sampah dan mitigasi banjir yang lebih baik,” ujar Ustadz Zen selaku Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang (Selasa, 3/8).

Selain responsif saat terjadi bencana banjir beberapa bulan lalu, imbuhnya, Al Irsyad berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan warga agar tetap aman dan sigap terhadap bencana. Sebelumnya, komplek pendidikan sekolah Al Irsyad sempat dijadikan posko bencana bagi warga sekitar dengan bantuan yang memadai. “Saat terjadi bencana, kami dengan sigap membantu warga. Pasca bencana, kami mencoba memberikan solusi agar warga bisa mengantisipasi dan mengurangi dampak yang terjadi kala musim penghujan tiba, “ pungkas Ustadz Zen.

Pendirian pos pompa dan kelistrikannya serta sumur galian tempat menyimpan mesin pompa/satelit yang disalurkan Al Irsyad disambut antusias oleh warga.  Ibu Tatin selaku Ibu RW 12 menyampaikan bahwa warga di lingkungannya sangat terbantu dengan bantuan Al Irsyad. “Alhamdulillah, berkat bantuan pos dan mesin pompa air dari Al Irsyad sangat membantu kami dalam mencegah banjir saat musin hujan datang. Kami sangat bersyukur karena sekolah Al Irsyad sudah peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” ujar Ibu RW 12 saat diwawancara di kediamannya (Rabu, 4/8).

Menurutnya, program bantuan ini sangat berarti bagi lingkungan warga Desa Anjun, terutama RW 12 yang terdampak banjir saat musim penghujan tiba. Sebab, awalnya, banjir begitu mudahnya menggenangi rumah warga. Tak perlu waktu yang lama, saat turun hujan sebentar begitu saja air meluap dan menggenangi rumah-rumah warga. “Mushola saya saja sampai terendam saat musibah banjir waktu itu. Padahal, hujan tidak begitu deras dan tidak terlalu lama, tetapi dengan sangat cepat, air meluap dan menggenang,” ujar M Fajri, salah seorang warga terdampak banjir yang kini menjadi panitia mesin pompa air.

Pemuda desa yang menjadi teknisi lapangan dan bagian pemeliharaan itu menuturkan, banjir saat itu amat berdampak pada masyarakat di lingkungannya. Fajri mengaku bahwa bantuan dari pemerintah setempat sempat terhambat tersalurkan. Untungnya, warga bergotong royong dan saling membantu sama lain selain terbantu dengan Al Irsyad saat itu.  “Alhamdulillah, dengan adanya bantuan mesin pompa air ini menurut saya sangat membantu masyarakat. Sukses besarlah bisa dibilang karena memang sangat-sangat dibutuhkan,” ujar M Fajri.

Hal yang sama diungkapkan M Ali Nurdin selaku Koordinator Pemuda RW 12. Ia mengaku bahwa program bantuan pos dan mesin pompa air ini sangat membantu warga. Ia menilai bahwa langkah Al irsyad ini sangat baik dengan berkontribusi pada lingkungan masyarakat sekitar sekolah. “Alhamdulillah usulan dari kami selaku pemuda warga Anjun disambut baik oleh Yayasan Al Irsyad. Buktinya, Al Irsyad sudah memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat. Kami merasa terbantu dengan adanya mesin ini karena drainase menjadi lebih baik. Sampah bisa disaring dengan baik dan banjir bisa dicegah,” ujarnya.

Ke depan, baik Ibu RW 12 maupun Koordinator Pemuda RW 12 berharap agar Al Irsyad bisa terus bekerja sama dengan masyarakat sekitar, teutama di bidang pendidikan, kreativitas kepemudaan, ataupun sosial seperti edukasi UMKM kemasyarakatan. “Harapannya ke depan Al Irsyad bisa membantu warga kami, khususnya dalam membimbing anak-anak baca tulis, belajar membaca Al-Qur’an, dan program positif lainnya,” pungkasnya

Wujud kepedulian Al Irsyad ini sekaligus memperteguh posisi Al Irsyad sebagai lembaga pendidikan terdepan dalam akhlak dan prestasi serta menjadi teladan bagi lembaga lain. Semua program yang dihadirkan Al Irsyad diciptakan untuk menebar kebaikan bagi masyarakat dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas seperti halnya kualitas santri Al Irsyad yang berprestasi, jujur, dan berakhlakul karimah. Sekolah? Al Irsyad Aja!

Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ali Rahmat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ…

Selengkapnya