Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

Jl. RH. Djaja Abdullah No. 2 (Belakang KPPN), Kertabumi - Karawang

Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain

SMPIT Al Irsyad Dianugerahi Sekolah Aktif Literasi Banpelis

Selasa, 12 Juli 2022 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 490 Kali

*Terbit di rubrik Pendidikan, Radar Karawang, 12 Juli 2022

Program literasi sekolah seperti GLS memang sedang aktif digalakkan. Namun, masih sedikit sekolah yang aktif menghasilkan produk literasi tersebut. Beda kisahnya dengan kisah sukses SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang yang baru-baru ini dianugerahi Sekolah Aktif Literasi Banpelis. Banpelis itu sendiri merupakan salah satu program pengembangan dan pembinaan literasi sekolah selama tiga tahun kemitraan.

Dikutip dari banpelis.id, sekolah yang aktif mengikuti kegiatan pembinaan ini terbukti sukses menerbitkan dan memublikasikan bukunya secara Nasional dengan sebelumnya telah melewati serangkaian pendampingan, pelatihan, hingga sertifikasi kompetensi bagi siswa ataupun gurunya,

Dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa” sekaligus mendukung keberhasilan program Gerakan Literasi Nasional, Nyalanesia menyelenggarakan Program Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah (BANPELIS) Tahun 2022-2025.

Inilah yang membuat SMPIT Al Irsyad berbeda dengan sekolah pada umumnya. Kepala SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang, Ustadz Sulthan Umar Thalib, S.Pd. mengatakan bahwa anugerah sekolah aktif literasi ini spesial diperuntukan bagi sekolah yang mampu tuntas dan berhasil mengikuti pelatihan, membuat Tim, kemitraan (MoU), Training internal, proses menulis, koreksi keredaksian, hingga akhirnya mampu menerbitkan karya.

“Alhamdulillah, akan diluncurkan produk buku dari hasil kumpulan tugas penelitian siswa di bidang Sains dan Sosial. Santri-santri kelas 8 kita sukses mengeksplorasi kondisi sosial dan beberapa fenomena ilmu pengetahuan alam di lingkungan sekitarnya sehingga berdampak bagi masyarakat. Ini tidak terlepas dari kerja sama bersama antarsiswa, guru, sekolah, dan walisantri” ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa ke depannya akan diwujudkan karya hasil literasi guru tentang tahun baru Islam serta kolaborasi strategis dengan wali santri. Prestasi ini semakin meneguhkan posisi SMPIT Al Irsyad sebagai salah satu sekolah pilihan pertama dan utama di Kabupaten Karawang dengan program-program yang terdepan dalam akhlak dan prestasi.

Hal tersebut dicapai dengan program terencana yang sudah matang dipersiapkan setiap sebelum awal tahun ajaran sehingga orang tua tak perlu ragu dalam menyekolahkan anaknya di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.

“Semoga dengan apresiasi ini bisa menjadi motivasi untuk terus berkarya serta bermanfaat untuk SMPIT Al Irsyad dan berdampak nyata untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sekolahterbaikdikarawang Sekolahaman Sekolahramahanak Sekolahjuara Sekolahnyaman Sekolahislamterpadu Sekolahislamteladan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ali Rahmat

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ…

Selengkapnya